Sunday 3 May 2015

TIPS MEMELIHARA BURUNG HANTU CELEPUK (JAVAN SCOPS OWL)


gambar dari dunia ternak.com

Siapa tak kenal dengan burung hantu yang satu ini. Wajahnya yang unyu-unyu dan terlibatnya dia dalam sebuah iklan kopi di TV membuat burung ini sangat dikenal dan banyak dicari. Burung hantu ini adalah celepuk atau javan scops owl.

Stigma masyarakat Indonesia akhir-akhir ini mulai berubah tentang burung hantu, dulu kita semua menganggap burung hantu adalah burung jelmaan dari setan, sekarang agaknya tidak berlaku lagi lagi, bahkan di luar negeri burung hantu dianggap sebagai lambang sebuah kebijaksanaan.
Banyak sekali orang-orang yang mengadopsi hewan kecil ini sekarang, namun mungkin tidak banyak yang tahu bahwa burung hantu bukanlah burung biasa yang berkicau dan ditaruh dalam sangkar sebagai hiasan.

Harus diketahui bahwa burung ini adalah burung pemangsa (raptor), walaupun bentuknya menggemaskan. Jadi ada baiknya yang berencana atau sedang berpartner dengan burung hantu ini memperhatikan tips-tips sederhana ini agar si partner tidak stres dan anda bisa memperlakukannya dengan benar.




Burung hantu merupakan hewan nokturnal (hewan yang aktif dimalam hari), perlakukanlah mereka seperti selakyaknya dia diciptakan Tuhan sebagai hewan malam. Ketika pagi dan sinag hari datang, hendaknyalah sipartner disimpan ditempat yang gelap dan tidak ramai (bising). Ini penting dan harus diperhatikan agar BOP nyaman dengan suasana dan tidak stres. Untuk masalah ini bisa diatasi dengan memasukkan BOP kedalam kardus berukuran besar yang telah dilubangi (untuk pertukaran udara), atau jika ada ruangan yang tidak terpakai/gudang yang gelap bisa dipakai untuk menyimpan BOP disiag hari.





Dalam habitus asli celepuk, mereka berburu serangga-serangga kecil pada malam hari (nokturnal), dan serangga yangpaling diburu adalah jangkrik (karena jangkrik merupakan serangga yang beraktifitas dimalam hari). Jadi buat teman-teman, berilah makan celepuk kalian dengan jangkrik. Jangan bingung mendebatkan makanan pengganti jangkrik, karena jangkrik sangat tersedia dipasaran dengan harga yang sangat terjangkau.



Berilah makanan pada malam hari secukupnya (sama seperti dilingkungan aslinya dia berburu dan makan pada malam hari). Pancinglah BOP agar mendekat dan mematuk sendiri jangkrik yang kalian pegang, lakukan pada jarak yang dekat dan berangsur menjauh, ini sangat berguna jika kelak kalian akan mentraining BOP kalian. (carilah artikel tentang training jika ingin mengetahui lebih jauh tentang hal ini).



Raptor (burung pemangsa), termasuk celepuk didalamanya merupakan hewan ganas. Burung-burung pemangsa ini akan sangat stress jika dikandangakan, dia akan menabrak-nabrak dinding terus bahkan kdang sampai terluka. Jika stresnya parah dia justru akan diam, tertunduk, memejamkan mata, dan tidak mau makan, dan akhirnya mati. Ada regulasi wajib bagi kalian yang akan memelihara celepuk, yakni pemakaian equipment standar. Equipment standar ini berfungsi sebagai pembatas BOP agar tidak kabur, namun bahan pembuat dan mekanisme yang terdapat dalam equip ini menjamin kenyamanan bagi BOP. Banyak seller falconry equipment, namun mungkin kalau saran saya sepengalaman saya, saya rekomendasikan A&W falconry, bukan apa2, namun saya sudah banyak beli falconry equipment dan menurut saya yang paling ok masi sama mereka, rapih dan cakep. harga juga murah.(cocok bagi kantong saya). aw falconry celepuk equipment (www.kaskus.co.id). setelah dipasang equipment, kita memerlukan perch(atau tempat nangkring), bisa buat dari paralon, kayu, atau besi. banyak contoh perch bisa dicari di mbah google.


Pakailah gloves(sarung tangan) ketika akan menghandle celepuk. Walaupun kukunya cecil, namun tajam, karena pada dasarnya fungsi kukunya untuk mencekram mangsa. Sangat menyedihkan jika ada seller yang memotong kuku celepuk karena takut tercakar. Hendaknya kita sekarang tahu fungsi dari kuku owl, jadi jangan dipotong, biarkan tetap gagah dengan kuku mereka.


Terimakasih sudah mampir, saya bukanlah ahli dibidang ini, namun dari pengalaman dan beberapa kali ngobrol sama Drh, saya berani mengsharekan tips-tips sederhana ini. mari kita berdiskusi dengan sopan satu sama lain.

memelihara BOP memerlukan tanggung jawab yang besar. Komitmen dan keputusan yang kita ambil untuk berpartner dengan BOP harus disadari membawaa konsekwensi, dan konsekwensi itu sebaiknya diikuti dan diperhatikan dengan baik. ingat, kita sudah mengusik hidupnya dengan memisahkan dari keluarga mereka dan menjadikannya milik kita, oleh sebab itu kita harus perlakuan mereka dengan treatmen yang tepat.
sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/5159242f6112434d2e00000f/tips-memelihara-burung-hantu-celepuk-javan-scops-owl

hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

No comments:

Post a Comment