Monday 4 May 2015

Celepuk Siau

Celepuk siau (Otus siaoensis) adalah spesies burung hantu dalam famili Strigidae. Burung ini endemik di Pulau Siau, Kepulauan Sangihe. Sebelumnya adalah subspesies Celepuk sulawesi (Otus manadensis siaoensis)[2], namun telah diketahui bahwa Celepuk siau adalah subspesies dari Celepuk maluku (Otus magicus siaoensis).[1]
celepuk siau terancam punah. spesies nya sekarang hanya berjumlah kurang dari 50.


Ciri, Habitat, dan Persebaran. Belum banyak data yang bisa menggambarkan ciri, habitat dan persebaran burung ini. Burung celepuk siau mempunyai ukuran tubuh yang relatif kecil, panjangnya sekitar 17 cm. Seperti burung hantu lainnya, terutama celepuk, burung endemik pulau Siau ini mempunyai ukuran kepala dan sayap yang relatif besar.
Burung langka ini termasuk binatang nokturnal yang lebih banyak aktif di malam hari terutama untuk berburu mangsa. Di siang hari, celepuk siau (Otus siaoensis) banyak menghabiskan waktunya untuk beristirahat.
Burung celepuk siau diyakini hanya terdapat di satu tempat yakni pulau Siau (Koordinat: 2°43’22″N   125°23’36″E) di Kabupaten Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Di duga binatang endemik ini mendiami daerah di sekitar Danau Kepetta yang terletak di bagian Selatan Pulau Siau. Selain itu juga di sekitar Gunung Tamata yang berada di bagian tengah Pulau Siau. Meskipun populasi di habitat tersebut hanya berdasarkan pengakuan masyarakat sekitar.

sumber : http://id.wikipedia.org , http://alamendah.org


hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

No comments:

Post a Comment