Thursday 23 April 2015

Penyakit yang menyerang Burung Hantu.

Penyakit Pada Owl
Huaaaaa... huaaa..
Mogrock-ku (owl) kena newcastle desease,, kasian banget, badanya kejang-kejang, lumpuh, seperti ayam baru dipotong, gak nyangka dia bakal kena ini karena sebelumnya aku belum tau tentang hal ini. Buat teman-teman yang punya peliharaan unggas, segera vaksin hewan peliharaan kalian, karena ini adalah musim pancaroba dimana virus ini mudah menjangkiti unggas. Jangan sampai menyesal kalau virus ini sudah menyerang mereka, karena belum ada obat yang ditemukan buat penyakit ini, vaksin tidak akan bekerja jika si owl sudah terjangkit. Selagi masih sehat, segera vaksin mereka, vaksin ini dapat kalian dapatkan di poultry shop dalam bentuk tetes mata, dan harganya relatif murah.
waktu baca thread di kaskus tadi, penyakit ini sangat mematikan, namun ada juga yang tiba-tiba sehat sendiri setelah dipaksa diberi makan. Pray for Mogrock,, semoga Mogrock bisa bertahan..
Mo berbaring diatas tangan saya.. :((
Tentang penyakit ini lebih dalam :
Sumber : Kaskus.co.id >> 
NEWCASTLE DESEASE
Newcastle Disease atau Tetelo adalah virus syaraf yang seringkali menyerang unggas. Sangat mengerikan melihat unggas / BoP kita tersayang menderita virus ini, terlebih karena pengobatannya masih simpang siur.
Newcastle Disease (ND) juga di kenal dengan sampar ayam atau Tetelo yaitu penyakit yang disebabkan oleh Newcastle Disease Virus dari golongan Paramyxovirus. Virus ini menyerang alat pernapasan, susunan jaringan syaraf, serta alat-alat reproduksi telur dan menyebar dengan cepat serta menular pada banyak spesies unggas yang bersifat akut, epidemik (mewabah) dan sangat patogen. Virus ND dibagi dua tipe yakni tipe Amerika dan tipe Asia. 
Quote:
Pembagian ini berdasarkan keganasannya dimana tipe Asia lebih ganas dan biasanya terjadi pada musim hujan atau musim peralihan ( pancaroba ), dimana saat tersebut stamina unggas menurun sehingga penyakit mudah masuk
Penyakit ini pertama ditemukan oleh DOYLE pada tahun 1926 di Newcastle (Inggris), dan mengidentifikasinya sebagai paramyxovirus-1 (PMV-1). 
Newcastle Disease Virus
* Group : Group V ((-)ss RNA)
* Ordo : Mononegavirales
* Family : Paramyxoviridae
* Genus : Avulavirus
* Species: Newcastle disease virus
Penularan :
Quote:
Penularan Newcastle Disease dapat melalui udara, makanan dan minuman yang tercemar, penularannya cepat dan
kematian yang ditimbulkan sangat tinggi.
Pencegahan yang paling efektif dalam menanggulangi Newcastle Disease adalah dengan vaksinasi yang teratur sesuai dengan program yang dianjurkan yaitu :
* pertama, vaksinasi dengan vaksin aktif melalui tetes mata yaitu cukup tetes pada mata kiri atau 
kanan juga dilakukan vaksinasi inaktif yang disuntikan pada kulit leher dengan menggunakan Spuit atau spet dengan dosis 0,2-0,25 CC pada waktu yang sama.
* Kedua dilakukan vaksinasi (revaksinasi) dengan vaksin aktif galur lasota / Clone melalui tetes mata atau air minum.
* Setelah vaksinasi kedua, vaksinasi selanjutnya dapat dilakukan pada umur ayam tiga bulan atau empat bulan atau setiap akan memasuki musim peralihan ( pancaroba ). 
Memelihara BoP yang baru sebaiknya dilakukan terpisah dengan BoP yang sudah sehat dan lama dirumah, serta menjaga kebersihan
( tempat, makanan, dll ), jangan memasukkan BoP dari luar sebelum dikarantina atau divaksin dan dipastikan tidak membawa sumber penyakit. 
Penyebaran :
Penyebaran penyakit ND terjadi melalui eksudat/lendir dari BoPsakit, makanan BoP, udara, air kotor, tikus besar dan burung liar, dapat juga melalui pup ( tinja )
Gejala-gejala : 
BoP mengantuk dengan kepala ditundukkan, sesak nafas, terdengar suara mencicit seperti tercekik, nafsu makan 
berkurang, BoP menjadi kurus dalam beberapa hari, BoP hilang keseimbangan atau selalu memutar-mutar kepalanya, berjalan keliling, kepala diletakan diatas punggung juga kelumpuhan. Pial dan balung berwarna kebiruan. Dari sekian BoP banyak yang tak lama kemudian mati, namun ada juga yang tiba-tiba sembuh sendiri setelah dipaksa diberi makan. Masa inkubasinya antara 5 - 6 hari dengan tingkat kematian yang sangat tinggi.
Pengobatan :
Sampai sekarang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Bagaimanapun dapat digunakan vaksin aktif galur lasota / Clone untuk mencegah penyakit ini, tetapi untuk BoP yang sudah terkena penyakit ini maka injeksi ini tidak berguna lagi. 
Quote:
sedikit informasi tambahan mengenai vaksin nya, karena saya lihat cukup banyak kejadian tetelo memakan korban. Vaksin bisa dibeli di poultry shop, dengan harga yang relatif murah. Cari vaksin jenis La Sota, kemasan kecil produk MEDION. vaksinnya berupa tetes mata / tetes hidung. 
sumber : http://rizkicitasara.blogspot.com/
http://rumahamsterikky.blogspot.com/2014/01/penyakit-yang-menyerang-burung-hantu.html

hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-

No comments:

Post a Comment